Lagu Rock and Roll Pertama - Portal Masyarakat

Menu Nav

    Social Items

Lagu Rock and Roll Pertama

Apakah Elvis atau Jackie Brenston adalah Bapak Rock and Roll?

Menentukan catatan rock and roll pertama adalah semacam mengklaim telah menemukan roti irisan - sulit untuk diurai. Seperti halnya televisi, para penemu rock beragam - banyak pikiran brilian yang mengerjakan hal yang sama kebanyakan secara independen satu sama lain. Dan, seperti halnya TV, penemuan batu yang sebenarnya telah disempurnakan jauh sebelum status quo mencengkeramnya. Itulah sebabnya meskipun beberapa orang mengklaim "Itu Baik, Mama" milik Elvis Presley sebagai rekaman rock and roll pertama, yang lain mengklaim "Rocket 88" oleh Jackie Brenston sebagai pemilik sah dari judul tersebut.



ROCK FIRST "OFFICIAL" DAN ROLL RECORD

Selama beberapa dekade, banyak penggemar rock mengklaim Rock Around The Clock (1954) oleh Bill Haley dan The Comets sebagai rekaman rock and roll pertama, tapi itu hanyalah rekaman rock pertama yang memasuki kesadaran nasional (yaitu menjadi hit), kecuali jika Anda menghitung doo-wop yang lebih terkendali dari Earth Angel Penguins (1954) (yang sebenarnya dirilis setelah "Rock Around The Clock" namun menjadi hit dalam waktu yang jauh lebih sedikit).

Setelah beberapa saat, kritikus rock memenangkan opini populer, mengabadikan sampul Elvis 'That's All Right, Mama (1954) sebagai pencetus genre rock and roll. Namun, karena seniman irama dan blues berusia 50an mulai mengklaim warisan sah mereka sebagai bidan kelahiran batu karang, rekaman sebelumnya lainnya mulai muncul di benak masyarakat: kepala di antara mereka Rocket 88 Jackie Brenston (1951), yang sekarang umumnya dianggap sebagai batu pertama lagu.


DEBAT TENTANG SIAPA YANG MEMPOPULERKAN MUSIK ROCK AND ROLL

Namun, diskusi tidak berhenti sampai disitu.

Putar mesin waktu kembali lebih jauh dari nomor 1958 Brenston dan Anda menemukan Fats Domino's The Fat Man (1950), Wynonie Harris 'Good Rockin' Tonight (1948), dan Rumah Lampu Biru Freddie Slack (terdengar di sini dalam versi yang sama, 1946 ). Beberapa orang telah mencalonkan lagu-lagu sebelumnya, namun lagu-lagu tersebut belum mendapat banyak dukungan kritis atau populer.


Jika Anda tidak membeli model "Rocket 88", ada lagu pra-Elvis lainnya yang sering disebutkan dalam daftar ini, seperti Guitar Boogie Arthur Smith (hit nasional pertama dengan gitar listrik, 1948), Domino terkenal ' Sixty Minute Man (1951), R & B mentah Lloyd Price Law Law Miss Clawdy (1952), "Big Mama" versi asli Thorton dari Hound Dog (1953) dan Crowes 'Gee yang luar biasa (1953).

BAGAIMANA ANDA MENENTUKAN LAGU ROCK YANG PERTAMA?

Lantas apa lagu yang mulai rock and roll? Lihatlah dengan saksama, dan lagu Elvis dan Bill Haley nampaknya paling dekat. Mengapa? Rock and roll adalah penggabungan musik populer Amerika, dan kedua lagu ini paling banyak menyentuh tanah. Haley menggabungkan loncatan blues dengan ayunan barat di "Clock", sementara Elvis, Scotty, dan Bill mencampuradukkan pemetik dan pemukulan dengan blues murni dan gerakan mengocok. Elvis tidak menemukan rock and roll - tidak ada yang melakukannya - tapi dia memberikannya dorongan terbesar di dunia, secara tidak sengaja dan tanpa sengaja menciptakan rockabilly sebagai hasil sampingan dari percobaan asli.



Sebagai perbandingan, rekaman yang lebih baik atau lebih baik daripada pertunjukan ini tidak sesuai dalam hal penyerbukan silang musikal. Sebagian besar lagu ini bekerja dalam satu gaya - boogie atau jump blues biasanya.

Cakram Elvis dan Haley, untuk lebih baik atau lebih buruk, terdengar seperti bentuk musik baru, meskipun akan selalu ada orang yang mengatakan bahwa ini hanya karena kedua pria itu berkulit putih.

Namun, di balik kejayaan Elvis adalah seorang pemuda bernama Chuck Berry yang hendak mengubah lagu country tua yang disebut "Ida Red" menjadi blues yang menghentak-hentak bernama Maybelline. Lebih banyak bukti bahwa musik yang bagus tidak melihat warna apa pun, dan rock and roll selalu lebih besar dari satu orang - lebih besar dari kita semua.



SUMBER:  Robert Fontenot