Sejarah Bluetooth - Portal Masyarakat

Menu Nav

    Social Items

Sejarah Bluetooth

Entah itu smartphone, tablet, laptop, speaker atau berbagai perangkat elektronik yang ada di pasaran saat ini, ada kemungkinan besar, pada suatu saat, Anda telah "memasangkan" setidaknya beberapa dari mereka bersama-sama. Dan sementara hampir semua perangkat pribadi kami akhir-akhir ini dilengkapi dengan teknologi Bluetooth, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana sampai di sana.



Bagian dari sejarah gelap

Anehnya, Hollywood dan Perang Dunia II memainkan peran penting dalam penciptaan Bluetooth tidak hanya, tapi juga banyak teknologi nirkabel.

Pada tahun 1937, Hedy Lamarr, seorang aktris kelahiran Austria, meninggalkan pernikahannya dengan seorang agen senjata yang memiliki ikatan dengan Nazi dan diktator Italia fasis Benito Mussolini dan melarikan diri ke Hollywood dengan harapan menjadi bintang. Dengan dukungan kepala studio Metro-Goldwyn-Mayer Louis B. Mayer, yang mempromosikannya ke khalayak sebagai "wanita terindah di dunia," peran Lamarr yang berkumai dalam film seperti bintang Boom Town yang menatap Clark Gable dan Spencer Tracy, Ziegfeld Girl menatap Judy Garland dan 1949 memukul Simson dan Delilah.

Entah bagaimana, dia juga menemukan waktu untuk melakukan penemuan di sampingnya. Dengan menggunakan meja rancangannya, dia bereksperimen dengan konsep yang mencakup desain lampu lalu lintas ulang dan minuman instan bersoda yang masuk dalam bentuk tablet. Meskipun tidak satupun dari mereka menyoroti, itu adalah kolaborasi dengan komposer George Antheil pada sistem panduan inovatif untuk torpedo yang membuatnya berada di jalur untuk mengubah dunia.

Menggambar pada apa yang dia pelajari tentang sistem senjata saat dia menikah, keduanya menggunakan gulungan kertas pemutar kertas untuk menghasilkan radiofrequencies yang melayang-layang sebagai cara untuk mencegah musuh membuat sinyal macet. Awalnya, angkatan laut A.S. enggan menerapkan teknologi radio spektrum Lamarr dan Antheil, namun nantinya akan menyebarkan sistem tersebut untuk menyampaikan informasi tentang posisi kapal selam musuh ke pesawat terbang militer yang terbang di atas kepala.

Saat ini, Wi-Fi dan Bluetooth adalah dua variasi radio spread spectrum.

Asal-usul Bluetooth Berasal Dari Swedia

Jadi, siapa yang menciptakan Bluetooth? Jawaban singkatnya adalah perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson. Upaya tim dimulai pada tahun 1989 ketika Chief Technology Officer Ericsson Mobile Nils Rydbeck dan Johan Ullman, seorang dokter, menugaskan seorang insinyur Jaap Haartsen dan Sven Mattisson untuk menghasilkan standar teknologi radio "short-link" yang optimal untuk mentransmisikan sinyal antara komputer pribadi ke headset nirkabel yang ingin mereka bawa ke pasar. Pada tahun 1990, Jaap Haartsen dinominasikan oleh European Patent Office untuk European Inventor Award.

Nama "Bluetooth" adalah terjemahan yang disahkan dari nama keluarga raja Denmark Harald Blåtand. Selama abad ke-10, Raja Denmark yang kedua terkenal dengan pengetahuan Skandinavia karena menyatukan masyarakat Denmark dan Norwegia. Dalam menciptakan standar Bluetooth, para penemu merasa bahwa mereka, pada dasarnya, melakukan sesuatu yang serupa dalam menyatukan industri PC dan seluler. Jadi namanya macet. Logo itu adalah prasasti viking, yang dikenal sebagai rune mengikat, yang menggabungkan dua inisial raja.

King Harald I of Denmark, a.k.a Harold Bluetooth

Kurangnya persaingan

Mengingat keberadaannya di mana-mana, beberapa mungkin juga bertanya-tanya mengapa tidak ada alternatif lain.

Untuk ini, jawabannya sedikit lebih rumit. Keindahan teknologi Bluetooth adalah memungkinkan hingga delapan perangkat dipasangkan bersama melalui sinyal radio jarak pendek untuk membentuk jaringan, dengan setiap perangkat berfungsi sebagai komponen dari sistem yang lebih besar. Untuk mencapai hal ini, perangkat berkemampuan Bluetooth harus berkomunikasi menggunakan protokol jaringan dengan spesifikasi yang seragam.

Sebagai standar teknologi, mirip dengan Wi-Fi, Bluetooth tidak terkait dengan produk apapun namun diimplementasikan oleh Bluetooth Special Interest Group, sebuah komite yang bertugas untuk merevisi standar serta memberi lisensi teknologi dan merek dagang kepada produsen. Misalnya, revisi terbaru, Bluetooth 4.2, menggunakan lebih sedikit daya dan fitur meningkatkan kecepatan dan keamanan dibandingkan versi sebelumnya. Ini juga memungkinkan konektivitas protokol internet sehingga perangkat cerdas seperti bola lampu bisa dihubungkan.

Itu tidak berarti, bagaimanapun, bahwa Bluetooth tidak memiliki pesaing. ZigBee, standar nirkabel yang diawasi oleh aliansi ZigBee diluncurkan pada tahun 2005 dan memungkinkan transmisi lebih jauh, hingga 100 meter, sementara menggunakan lebih sedikit daya. Setahun kemudian, Bluetooth Special Interest Group memperkenalkan energi rendah Bluetooth, yang bertujuan mengurangi konsumsi daya dengan menghubungkannya ke mode tidur saat mendeteksi tidak aktif.