Sejarah Google dan bagaimana ditemukan - Portal Masyarakat

Menu Nav

    Social Items

Sejarah Google dan bagaimana ditemukan

Mesin pencari atau portal sudah ada sejak awal internet. Tapi itu Google, orang yang terlambat, yang akan terus menjadi tujuan utama untuk menemukan apa saja di dunia web yang luas.


JADI, APA ITU MESIN PENCARI?
Mesin pencari adalah program yang mencari di Internet dan menemukan halaman web untuk pengguna berdasarkan kata kunci yang Anda kirimkan. Ada beberapa bagian mesin pencari, seperti misalnya:
  • perangkat lunak mesin pencari termasuk: operator boolean, kolom pencarian, format tampilan, dll.
  • perangkat lunak laba-laba
  • sebuah database
  • algoritma yang memberi peringkat hasil untuk relevansi

INSPIRASI DI DALAM NAMA
Mesin pencari yang sangat populer bernama Google ditemukan oleh ilmuwan komputer Larry Page dan Sergey Brin. Situs ini dinamai googol - nama untuk nomor 1 diikuti oleh 100 angka nol - ditemukan di buku "Matematika dan Imajinasi" oleh Edward Kasner dan James Newman. Bagi pendiri situs, namanya mewakili sejumlah besar informasi yang harus disaring oleh mesin telusur.


BackRub, PageRank dan Cara Baru untuk Memberikan Hasil Pencarian

Pada tahun 1995, Page dan Brin bertemu di Stanford University saat mereka menjadi mahasiswa pascasarjana dalam ilmu komputer. Pada bulan Januari 1996, pasangan mulai berkolaborasi dalam menulis sebuah program untuk mesin pencari yang diberi nama BackRub, dinamai sesuai kemampuannya untuk melakukan analisis backlink.

Mesin pencari itu unik karena menggunakan teknologi yang mereka kembangkan yang disebut PageRank, yang menentukan relevansi situs web dengan memperhatikan jumlah halaman, bersamaan dengan pentingnya halaman, yang terhubung kembali ke situs aslinya.

Pada saat itu, mesin pencari memberi peringkat hasil berdasarkan seberapa sering sebuah istilah pencarian muncul di halaman web.

Selanjutnya, didorong oleh sambutan yang diterima BackRub, Page dan Brin mulai mengembangkan Google. Itu adalah proyek yang sangat minim saat itu. Beroperasi dari kamar asrama mereka, pasangan tersebut membangun jaringan server dengan menggunakan komputer pribadi yang murah, bekas dan yang dipinjam.

Mereka bahkan memaksimalkan kartu kredit mereka untuk membeli terabyte disk dengan harga diskon.

Mereka pertama kali mencoba melisensikan teknologi mesin telusur mereka, namun gagal menemukan orang yang menginginkan produk mereka pada tahap awal pengembangan. Page dan Brin kemudian memutuskan untuk menjaga Google sementara dan mencari lebih banyak pembiayaan, memperbaiki produk dan membawanya ke masyarakat sendiri begitu mereka memiliki produk yang bagus.

Strategi yang berhasil dan setelah perkembangan lebih banyak akhirnya Google berubah menjadi komoditas yang panas. Pendiri Sun Microsystems Andy Bechtolsheim mengatakan setelah demo singkat Google, "Daripada kita membahas semua detailnya, mengapa saya tidak menulis cek saja?"

Dia melakukan hal itu. Cek $ 100.000 itu dilakukan ke Google Inc., meskipun Google sebagai badan hukum belum ada. Namun, tidak lama kemudian, saat Page dan Brin bergabung dalam waktu dua minggu, menguangkan cek tersebut dan mengumpulkan $ 900.000 lagi untuk putaran awal pendanaan mereka.

Pada bulan September 1998, Google Inc. dibuka di Menlo Park, California dan Google.com, mesin pencari beta, menjawab 10.000 kueri penelusuran setiap hari. Pada tanggal 21 September 1999, Google secara resmi menghapus versi beta (status test) dari judulnya.