Sejarah WiFi - Portal Masyarakat

Menu Nav

    Social Items

Sejarah WiFi

Pernahkah Anda mendengar seseorang berkata, "apakah Anda punya WiFi?" Mungkin cukup sering dan beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa istilah "WiFi" dan "internet" berarti hal yang sama. Mereka terhubung, tapi tidak persis sama.



APA ITU WIFI?
WiFi (atau Wi-Fi) *baca wae fae adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan komputer, beberapa ponsel, iPads, konsol game dan perangkat lain untuk berkomunikasi melalui sinyal nirkabel.

Dengan cara yang sama, radio dapat menyetel sinyal stasiun radio melalui gelombang udara, perangkat Anda dapat mengambil sinyal yang menghubungkannya ke internet melalui udara. Sebenarnya, sinyal WiFi adalah sinyal radio frekuensi tinggi.

Dan cara yang sama seperti frekuensi stasiun radio diatur, standar WiFi juga ada. Semua komponen elektronik yang membentuk jaringan nirkabel (yaitu perangkat, router, dan lain-lain) didasarkan pada salah satu standar 802.11 yang ditetapkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers dan Aliansi WiFi. Aliansi WiFi adalah orang-orang yang merek dagang dengan nama WiFi dan mempromosikan teknologinya. Teknologi ini juga disebut WLAN, yang merupakan singkatan dari jaringan area lokal nirkabel. Namun, WiFi sudah pasti menjadi ungkapan yang lebih populer yang digunakan oleh orang.

BAGAIMANA WIFI BEKERJA?
Router adalah bagian kunci dari peralatan dalam jaringan nirkabel.

Hanya router yang terhubung secara fisik ke internet dengan kabel ethernet. Router kemudian menyiarkan sinyal radio frekuensi tinggi, yang membawa data ke dan dari internet. Adaptor di perangkat mana pun yang Anda gunakan keduanya mengambil dan membaca sinyal dari router, dan juga mengirim data kembali ke router Anda dan ke internet.

Ini disebut aktivitas hulu dan hilir.

JADI SIAPA YANG MENEMUKAN WIFI?
Setelah menjelaskan bagaimana ada beberapa komponen yang membuat WiFi, Anda bisa melihat bagaimana penamaan satu penemu akan sulit.

Pertama, mari kita lihat sejarah standar 802.11 (frekuensi radio) yang digunakan untuk menyiarkan sinyal WiFi. Kedua, kita harus melihat peralatan elektronik yang terlibat dalam mengirim dan menerima sinyal WiFi. Tidak mengherankan, ada banyak paten yang terhubung dengan teknologi WiFi, meski satu paten penting menonjol.

Vic Hayes telah disebut "bapak Wi-Fi" karena ia memimpin komite IEEE yang menciptakan standar 802.11 pada tahun 1997. Sebelum publik mendengar tentang WiFi, Hayes menetapkan standar yang memungkinkan WiFi layak dilakukan. Standar 802.11 didirikan pada tahun 1997. Selanjutnya, peningkatan bandwidth jaringan ditambahkan ke standar 802.11. Ini termasuk 802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n, dan banyak lagi. Itulah yang disebut huruf-huruf terlampir. Sebagai konsumen, Anda harus tahu bahwa versi terbaru adalah versi terbaik dari segi performa dan merupakan versi yang Anda inginkan untuk semua peralatan baru Anda agar kompatibel.
  • Membuka Gelombang Air untuk Wi-Fi, Business Week 2003
  • Definisi: 802.11
PATEN WLAN
Salah satu paten utama untuk teknologi WiFi yang telah memenangkan tuntutan hukum litigasi paten dan pantas mendapat pengakuan adalah milik Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) Australia. CSIRO menemukan sebuah chip yang sangat meningkatkan kualitas sinyal WiFi.

Menurut situs berita teknologi PHYSORG, "Penemuan ini berasal dari karya perintis CSIRO (selama tahun 1990an) dalam astronomi radio, dengan tim ilmuwannya (dipimpin oleh Dr. John O'Sullivan) memecahkan masalah gelombang radio yang memantul permukaan di dalam ruangan, menyebabkan gema yang mendistorsi sinyal. Mereka mengatasinya dengan membangun chip cepat yang bisa mentransmisikan sinyal sambil mengurangi gema, mengalahkan banyak perusahaan komunikasi besar di seluruh dunia yang mencoba menyelesaikan masalah yang sama. "

CSIRO memberi penghargaan kepada para penemu berikut Dr. John O'Sullivan, Dr. Terry Percival, Mr. Diet Ostry, Graham Grahamels dan Mr. John Deane karena telah menciptakan teknologi ini.