Sejarah Video Games - Portal Masyarakat

Menu Nav

    Social Items

Sejarah Video Games

Pada bulan Oktober 1958, fisikawan William Higinbotham menciptakan apa yang dianggap sebagai video game pertama. Itu adalah permainan tenis yang sangat sederhana, mirip dengan permainan video klasik tahun 1970-an Pong, dan ini sangat mengejutkan di sebuah rumah terbuka Laboratorium Brookhaven.


Higinbotham lahir pada tanggal 25 Oktober 1910 di Bridgeport, CT dan dibesarkan di Caledonia, NY.
Dia lulus dari Williams College pada tahun 1932, dan kemudian pergi ke sekolah pascasarjana di bidang fisika di Cornell University. Di Cornell sebagai mahasiswa pascasarjana ia bekerja sebagai teknisi elektronika. Pada tahun 1941, ia bergabung dengan MIT Radiation Lab, di mana ia bekerja pada tabung sinar katoda untuk sistem radar. Pada tahun 1943 ia pindah ke Los Alamos untuk mengerjakan elektronika untuk sistem waktu untuk bom atom.

Pada tahun 1948 ia bergabung dengan kelompok instrumentasi Laboratorium Brookhaven. Dia menjabat sebagai ketua kelompok tersebut dari tahun 1951 sampai 1968.
Selama waktu itu, pada bulan Oktober Brookhaven mengadakan kunjungan pengunjung tahunan, dimana ribuan orang akan mengunjungi lab tersebut. Higinbotham bertanggung jawab untuk membuat sebuah pameran untuk memamerkan karya divisi instrumentasi.

Sebagian besar pameran yang ada agak membosankan. Higinbotham berpikir bahwa dia bisa menangkap lebih baik minat pengunjung dengan membuat demonstrasi interaktif. Dia kemudian mengingat dalam sebuah wawancara majalah bahwa dia berpikir "mungkin menghidupkan tempat itu untuk memiliki permainan yang bisa dimainkan orang, dan yang akan menyampaikan pesan bahwa usaha ilmiah kami memiliki relevansi bagi masyarakat."


Kelompok instrumentasi memiliki komputer analog kecil yang bisa menampilkan berbagai lekukan, termasuk jalur bola yang memantul, pada osiloskop. Butuh beberapa jam bagi Higinbotham untuk memahami gagasan permainan tenis, dan hanya beberapa hari untuk mengumpulkan potongan-potongan dasar. Setelah mengerjakan display untuk sistem radar dan banyak perangkat elektronik lainnya, Higinbotham tidak kesulitan merancang tampilan game sederhana.

Higinbotham membuat beberapa gambar, dan cetak biru disusun. Teknisi Robert Dvorak menghabiskan sekitar dua minggu membangun perangkat. Setelah sedikit melakukan debugging, video game pertama siap diluncurkan. Mereka menyebut game Tennis for Two.